6 Faktor yang Berpengaruh Besar Pada Google Ranking

Blog / 6 Faktor yang Berpengaruh Besar Pada Google Ranking
6 Faktor yang Berpengaruh Besar Pada Google Ranking

Berdasarkan beberapa sumber, bisa diketahui bahwa cukup banyak faktor google ranking bisa menduduki peringkat pertama. Apalagi peringkat ini sangat diincar oleh pengelola website dalam mempromosikan bisnis maupun karyanya.

Tujuan beberapa orang ingin nangkring di halaman pertama google karena untuk meningkatkan traffic dan menarik perhatian pembaca. Karena, berada di halaman pertama Google sangat memungkinkan seseorang untuk mengklik website yang Anda miliki.

Namun sayangnya, masih banyak diantara blogger yang kurang mengerti sebenarnya faktor apa saja sih yang mempengaruhi ranking pada Google itu. Salah satu yang pasti adalah konten menarik dan lengkap untuk pembaca.

Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking, Apa saja?

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang penting sekali Anda ketahui agar bisa mendapati Google ranking untuk situs website.

1. Konten yang Berkualitas

Konten adalah kunci utama agar website Anda mendapatkan kepercayaan dari Google. Jika Anda telah berhasil membuat konten unik, menarik, dan mudah dibaca oleh manusia, maka Google akan menganalisis ketepatan konten untuk berada di halaman pertama.

Pasalnya, konten dengan kualitas tinggi akan memberikan peringkat tinggi pula pada pencarian Google. Hal ini membuat Anda sebagai pemilik website tidak boleh membuat konten yang asal-asalan saja. Lakukan analisis secara teliti agar mendapatkan imbal hasil yang lebih baik.

2. Buat Kata Kunci yang Relevan

Dalam membuat konten yang unik, menarik, dan mudah memikat pembaca untuk mengenali isi tulisan. Maka, Anda wajib membuat kata kunci yang relevan. Contohnya ketika ingin memberitahu pembaca tentang ‘tips membuat website.

Maka, pada isi konten berikan cara yang harus dilakukan oleh pembaca dalam membuat website. Jangan sajikan informasi yang terpecah dari topik utamanya. Karena, Google tidak menyukai konten tanpa dasar dan tidak memberikan manfaat kepada pembaca.

3. Bangun Backlink dari Website yang Kece

Salah satu upaya untuk itu mendapatkan google ranking, maka Anda perlu mengoptimalkan SEO off page-nya. Caranya dengan membangun backlink dari website yang kece dan sudah terkenal.

Karena backlink dari beberapa website asal-asalan justru tidak memiliki kualitas yang signifikan. Bahkan bisa jadi hanya merugikan Anda sebagai pembeli backlink.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk memilih backlink yang sesuai dengan niche website. Apabila membuat website dengan niche tekno, maka jangan sampai Anda mendapatkan backlink dari website yang membahas tentang masakan. Karena, keterkaitan antar link tidak ada kaitannya sama sekali.

4. Website Mobile Friendly

Sebagai pemilik website, Anda pastinya paham bahwa tidak hanya konten yang kreatif dan bermanfaat saja yang akan menjadi penilaian Google. Melainkan juga beberapa komponen penting lainya sebagai pendukung.

Salah satunya website yang mobile friendly. Sehingga untuk membaca informasi di dalam website, pembaca tidak perlu membuka laptop atau pc terlebih dahulu. Karena, memanfaatkan smartphone saja sudah bisa.

Meskipun terkesan sederhana, tetapi pengaturan website mobile friendly juga bisa menjadi salah satu faktor yang berpengaruh besar untuk membawa konten Anda naik ke google ranking, loh.

5. Tingkat Kecepatan Website

Ketika Anda sebagai pembaca dan mendapati website yang memiliki kecepatan akses sangat lambat, tentu merasa kurang nyaman. Meskipun berada di halaman pertama Google, karena sarana dan prasarana website kurang mendukung, maka bisa membuat pembaca beralih ke lokasi lain.

Paslanya, secara psikologis pembaca menginginkan sebuah informasi yang mudah diakses dan cepat memberikan jawaban. Apabila website Anda ingin masuk ke ranking pertama Google, maka pastikan untuk membuat website dengan kecepatan terbaik.

Sebab, website yang terlalu lama loading hanya akan membuat pembaca malas menunggu.

6. Lakukan Optimasi Pada Kata Kunci

Untuk menemukan informasi yang diinginkan, seringkali pembaca memasukkan kata kunci pada kolom pencarian Google. Nantinya, sistem akan menampilkan beberapa website yang lolos di google ranking.

Nah, untuk bisa nangkring di halaman pertama Google, maka mengoptimalkan kata kunci merupakan langkah paling tepat. Hal ini merupakan salah satu cara SEO On-page untuk membantu website lebih mudah dikenal oleh pembaca.

Meskipun begitu, SEO On-page pun tidak selalu mudah. Untuk mendapatkan respon maksimal, maka Anda perlu membuat informasi yang menarik dan bisa merayu pembaca untuk mampir ke website pribadi.

Oleh karena itu, selain membuat kata kunci dengan pencari cukup banyak. Anda juga perlu membuat meta description, title tags, dan gambar yang bisa mempengaruhi gaya berpikir pembaca untuk mampir dan mengetahui informasi yang Anda bagikan.

Jika Anda merasa terlalu berat untuk melakukan semua aktivitas agar bisa muncul di google ranking. Maka, salah satu caranya dengan memanfaatkan sebuah layanan jasa untuk membantu optimasi sehingga website dapat muncul di halaman pertama Google.

Salah satu website yang dapat membantu Anda mengelola dan mengoptimalkan website adalah Rajaseo.com. Tunggu apalagi, segera lakukan kesepakatan terbaik agar website lebih cepat terurus serta mendapatkan asupan vitamin yang banyak. Selamat mencoba.

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi