Mengenal Core Web Vital dan Tips Optimasinya

Blog / Mengenal Core Web Vital dan Tips Optimasinya
Mengenal Core Web Vital dan Tips Optimasinya

Anda yang ingin website berhasil berada di halaman pertama mesin pencari harus memperhatikan soal core web vitals. Hal ini menjadi bagian penting dalam optimasi di Google sejak tahun 2020 hingga sekarang. 

Sayangnya masih banyak yang melewatkan soal ini dan membuat website tidak kunjung naik peringkatnya. Web vitals yang dimaksud ini berdampak pada pengalaman pengguna dan juga menjadi aspek penting pula untuk meningkatkan SEO. Simak apa pengertian dan bagaimana cara Anda bisa mengoptimasinya. 

Pengertian Core Web Vital 

Pengertiannya sendiri adalah faktor-faktor yang mengindikasikan skor dari user experience (UX) atau page experience menurut Google. Cara untuk mengecek skor dari website yang Anda miliki pun sangat mudah memanfaatkan tools gratis yang sudah disediakan seperti PageSpeed Insight. 

Selain tools tersebut masih ada beberapa tools lain yang juga gratis bisa digunakan seperti Google Search Console. Ada tiga komponen utama yang menjadi tolak ukur dari core web vitals yaitu:

Largest Contentful Paint (LCP)

Skor ini mengarah pada kecepatan konten terbesar bisa diakses oleh pengguna. Ada banyak yang termasuk di dalamnya seperti featured image dan juga header. Ketiga bagian yang terbesar ini bisa langsung muncul maka akan mengindikasikan bahwa loading di web Anda cepat. 

First Input Delay (FID)

Apa yang dimaksud oleh FID adalah respon dari website kepada interaksi pertama yang dilakukan pengunjung namun di luar zoom dan scroll. Menurut Google, website Anda memiliki respon buruk apabila mengunjungi tidak segera menekan menu yang disediakan. 

Cumulative Layout Shift (CLS)

Core web vitals yang selanjutnya ini berhubungan dengan banyak tidaknya perubahan layout yang terjadi ketika pengunjung ingin klik salah satu menu. Sangat mengganggu ketika pengunjung ingin klik sebuah menu sebelum halaman web selesai dimuat, namun ketika mereka menekannya, menu justru bergeser ke bawah. 

Tips Mengoptimalkan Core Web Vital 

Penting sekali untuk meningkatkan skor dari ketiga faktor di atas yang dianggap penting oleh Google. Bisa jadi website Anda yang tidak kunjung naik peringkat disebabkan oleh ketiga hal ini. Inilah tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan LCP, FID hingga CLS. 

Rutin Mengecek Skor 

Anda bisa mengandalkan web vitals extension untuk memudahkan mengecek skor kapan saja. Kecepatan website bisa saja berubah karena Anda menambahkan konten dengan gambar atau video yang berat. Oleh karena itu Anda perlu mengeceknya dengan rutin seminggu atau sebulan sekali. 

Tools untuk mengecek core web vitals ini akan menjelaskan beberapa masalah yang mungkin sedang dihadapi. Mengetahui akar masalahnya ini memudahkan Anda untuk segera memperbaikinya. 

Memperbaiki User Interface 

Anda mungkin sudah berusaha menciptakan desain web friendly namun pada prakteknya impact fraction yang dihasilkan tidak stabil. Bahkan distance fraction mengalami hal yang sama. Oleh karena itu Anda harus memperbaiki user interface ini untuk meningkatkan skor CLS. 

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, pertama mengatur dimensi gambar agar tidak mempengaruhi loading web. Kedua, Anda harus menentukan ruang khusus iklan yang dinamis. Ketiga, Anda yang menambahkan embed file karena ukuran besar maka harus mengatur ulang untuk penempatan ruangnya. 

Meningkatkan Efisiensi File JavaScript 

Skor core web vitals FID yang dianjurkan oleh Google adalah di bawah 100 milidetik. Apabila Anda yang sudah mengecek hasilnya masih di atas, artinya loading time web masih tinggi. Solusinya Anda harus melakukan efisiensi terhadap file Java Script. 

Supaya optimasi file JavaScript ini bisa dilakukan dengan cepat, maka Anda bisa mengakses menu Eliminate render-blocking resources yang ada di tabel Opportunity jika mengecek dengan PageSpeed Insight. Maka akan muncul file JavaScript yang harus dioptimalkan. 

Optimasi File pada Posting-an

Setiap kali Anda akan upload konten di web sebaiknya perhatikan soal file tambahan seperti gambar, PDF apalagi video. Pastikan formatnya tepat dan memiliki ukuran yang ringan. Meskipun ringan, file harus tetapi bisa menampilkan file dengan benar. Misalnya untuk gambar, Anda harus memiliki standar ukuran file gambar yang jelas. 

Anda harus mengedit kembali konten yang sudah di upload dan memiliki kecepatan loading lama karena terlanjur menggunakan file dengan ukuran besar. Langkah ini memang membutuhkan waktu namun efektif untuk meningkatkan skor LCP. 

Ada begitu banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan indikator web vitals ini. Anda perlu meluangkan cukup dalam mengecek core web vitals melalui tools yang sudah disediakan. 

Aktivitas yang termasuk dalam web audit ini memang membutuhkan waktu, oleh karena itu jika ingin mudah Anda bisa menggunakan Rajaseo.com. Tim Rajaseo.com akan membantu Anda dalam audit website dengan rutin ditambah dengan pencarian kata kunci yang tepat. 

Anda tidak akan merasa kesulitan untuk membaca skor web vitals bahkan termasuk pengecekan backlink. Rajsaeo.com sudah menyediakan paket khusus untuk Anda yang ingin mengoptimalkan SEO web. Cek langsung pilihan paketnya dengan mengunjungi Rajaseo.com. 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi