Meta Keyword, Teknik SEO untuk Memaksimalkan Traffic Website

Blog / Meta Keyword, Teknik SEO untuk Memaksimalkan Traffic Website
Meta Keyword, Teknik SEO untuk Memaksimalkan Traffic Website

Seiring berkembangnya waktu, penggunaan keyword menjadi semakin berkembang serta mudah digunakan apalagi dengan adanya tools SEO. Namun tahukah Anda apa itu meta keyword dan bagaimana fungsinya untuk memaksimalkan sebuah website?

 

Lalu apakah meta keyword masih berperan penting dalam meningkatkan SEO? Nah untuk menjawab setiap pertanyaan yang membuat Anda penasaran tentang penggunaan keyword yang satu ini, silakan simak informasi lengkap seperti yang akan dibahas berikut! 

Apa itu Meta Keyword?

Meta keyword adalah sebuah meta tags dalam halaman website yang mendeskripsikan konten secara singkat dan berisi kata kunci tertentu serta menaruhnya dalam daftar pencarian di search engine. Penggunaannya berguna untuk memberikan informasi kepada mesin pencari supaya mengenal isi artikel di website Anda.

 

Menambahkan meta keyword juga mudah dilakukan apalagi saat ini sudah ada beberapa macam plugin SEO yang akan membantu Anda mencantumkan keyword tanpa berisiko mengubah coding website. Sehingga Anda cukup memasukkan kata kunci di kolom meta keyword dan hasil yang dikeluarkan akan sama.

Apakah Meta Keyword Masih Dibutuhkan?

Faktanya Google memang sudah berhenti menggunakan meta keyword dalam proses pemberian peringkat pada halaman website. Informasi tersebut dikonfirmasi langsung oleh Matt Cutts, selaku mantan Kepala Tim Webspam Google pada tahun 2009 melalui sebuah siaran video. 

 

Meskipun begitu, optimasi SEO menggunakan meta keyword tetap masih diterapkan oleh search engine lainnya dan masih disarankan untuk optimasi SEO website saat ini. Penggunaannya dinilai informatif bagi pengguna internet.

 

Bahkan sekarang meta keyword bisa digunakan dalam sistem internal tagging dengan memasukkan kata kunci yang dapat ditentukan dengan cara seperti:

 

<meta name=”keywords” content=”cmlabs seo tools”/>

 

Meta keyword formula tersebut akan memudahkan Anda memeriksa apakah keyword yang digunakan sesuai dengan isi konten artikel dan kaidah SEO atau tidak.

5 Fungsi Meta Keyword untuk Memaksimalkan Traffic Website

Sebagai salah satu tools terbaik untuk memberikan informasi seputar artikel website di mesin pencari, meta keyword masih dapat digunakan untuk banyak keperluan lainnya. Nah untuk mengetahui apa saja fungsi meta keyword, mari kupas habis bahasannya berikut ini!

1. Masih Bekerja untuk Mesin Pencari Yandex

Karena Google sudah tidak menggunakan teknik meta keyword dalam SEO, tapi meta ini masih bekerja pada mesin pencari Yandex. Yandex adalah search engine dari Rusia yang sama seperti Google tapi dalam lingkup daerah Rusia saja.

 

Perlu diingat juga kalau meta keyword bukan faktor yang akan mempengaruhi peringkat website dalam pencarian Yandex. Namun karena halaman tersebut masih baru sehingga meta keyword masih berpeluang keakuratannya.

2. Digunakan untuk Beberapa Penelusuran di Website Internal

Sebenarnya CMS tidak menggunakan meta keyword untuk penelusuran website internal. Namun mungkin beberapa sistem penelusuran internal lainnya masih menggunakan meta keyword seperti Algolia, SOLR, dan Elasticsearch.

 

Apabila salah satu dari sistem tersebut bisa memperkuat pencarian internal website Anda, jadi tidak ada salahnya tetap menggunakan meta ini sebagai tambahan optimasi SEO website.

3. Untuk Keperluan Internal Tagging System

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, meta keyword berguna untuk keperluan internal tagging system. Banyak CMS serta website builder yang memudahkan Anda untuk menambahkan meta keyword ke halaman, seperti plugin SEO WordPress. Tentunya membantu dalam mengubah tujuan tag untuk internal keyword tagging system. 

 

Misalnya, jika halaman website Anda menggunakan contoh meta keyword “tips jualan online”, maka tagnya akan terlihat seperti ini:

<meta name=”keywords” content=”tips jualan online”/>

4. Membuat Keyword Jadi Lebih Spesifik

Manfaat penggunaan meta kata kunci yang selanjutnya adalah efektif membuat keyword menjadi lebih spesifik. Sehingga meta keyword memungkinkan konten website yang berisikan banyak kata kunci dengan satu kata kunci utama sebagai target.

 

Hal ini memudahkan mesin pencari untuk mengidentifikasi kata kunci dalam konten yang Anda buat. Bahkan jika Anda memasukkan beberapa contoh meta keyword lain yang relevan, optimasi website juga semakin tinggi.

5. Mempermudah Menemukan Kata Kunci Inti

Selain membuat keyword jadi lebih spesifik, meta keyword juga mempermudah menemukan kata kunci inti yang tepat. Hal tersebut juga bermanfaat untuk pembuatan konten website agar lebih terbaca lagi oleh mesin pencari. 

 

Terlebih lagi, banyak kompetitor yang pasti membuat keyword dengan sangat spesifik dalam konten mereka. Dengan menggunakannya meta keyword, Anda jadi berpeluang tinggi mendapatkan kata kunci inti dari sebuah konten.

 

Faktanya menggunakan meta keyword masih dibutuhkan dalam teknik SEO untuk meningkatkan traffic website. Inilah kenapa Anda perlu memahami konsepnya secara keseluruhan. Nah kalau Anda masih bingung, jangan khawatir karena RAJASEO.com siap mengatasi setiap permasalahan website yang Anda hadapi.

 

Sebagai layanan konsultan SEO, RAJASEO.com akan membantu memperbaiki peringkat website sekaligus menaikkan pageview dan traffic dengan cepat. Tentunya menggunakan teknik SEO yang adaptif terhadap algoritma mesin pencari agar website bisa SEO friendly.

 

Untuk mendapatkan layanan konsultasi terkait segala permasalahan website yang Anda alami termasuk penggunaan meta keyword, silakan menghubungi RAJASEO.com sebagai ahlinya. Jadi tunggu apalagi?

 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi