Rahasia Tingkatkan CTR Paling Efektif untuk Website Bisnis

Blog / Rahasia Tingkatkan CTR Paling Efektif untuk Website Bisnis
Rahasia Tingkatkan CTR Paling Efektif untuk Website Bisnis

5Sebagai seorang pengusaha yang terjun ke dunia website, Anda harus tahu apa itu CTR dan penggunaannya bagi situs bisnis yang sedang dikembangkan. Pasalnya CTR ini memiliki peran penting tersendiri apalagi jika Anda berhasil menggunakan teknik rahasia tingkatkan CTR. 

 

Dalam dunia digital marketing, CTR wajib dikuasai terutama bagi seorang advertiser. CTR berguna untuk menghasilkan uang dan mempertahankan iklan. Tidak hanya itu saja, masih ada informasi lain yang wajib Anda ketahui seperti yang akan dibahas berikut ini

Pengertian Click Through Rate (CTR)

Nah jadi Click Through Rate atau CTR adalah rasio jumlah klik terhadap jumlah impression. Jumlah klik tersebut bersumber dari hasil pencarian organik, sedangkan impression merupakan jumlah munculnya halaman website di hasil pencarian Google.

 

Semakin tinggi persentase CTR maka semakin baik juga iklan yang akan Anda dapatkan. Adapun jika CTR rendah menjadi tanda harus ada perbaikan materi iklan atau menemukan target yang tepat demi menghasilkan lebih banyak jumlah klik.

 

Untuk mengetahui berapa banyak jumlah klik yang didapatkan, Anda perlu menghitungnya dengan menggunakan CTR formula manual, yaitu:

 

CTR = Jumlah total klik / total tayangan

 

Misalnya, Anda mendapatkan total 5 klik dan 100 tayangan, maka jika dihitung sesuai rumus diatas CTR Anda adalah 5%.

6 Rahasia Tingkatkan CTR Paling Efektif untuk Website Bisnis

Karena penggunaan CTR ini sangat diperlukan khususnya pada website bisnis, maka Anda pun harus tahu bagaimana cara meningkatkan CTR dengan mudah. Pasalnya muncul di halaman pertama pencarian Google saja tidak menjamin CTR menjadi tinggi. 

 

Anda perlu melakukan sejumlah teknik rahasia tingkatkan CTR yang akan dibahas selanjutnya ini!

1. Pahami Audiens

Sayangnya masih banyak pengusaha yang melakukan kesalahan dengan tidak memahami audiens yang akan dijangkau. Pastikan Anda menentukan topik yang dibutuhkan pembaca, jadi harus melakukan riset keyword serta target audiens terlebih dulu. 

 

Dengan melakukan research tersebut, Anda bisa mengenali informasi apa yang paling banyak dicari users sehingga memungkinkan CTR menjadi tinggi. Jika menulis konten tanpa melakukan riset keyword maka artikel tersebut tidak akan sesuai dengan search intent pengguna.

2. Tingkatkan Kualitas Judul dan Meta Description

Rahasia tingkatkan CTR yang jarang diketahui berasal dari judul dan meta description. Faktanya pengguna akan menentukan artikel mana yang sesuai kriteria dalam beberapa detik saja. Sehingga penting bagi Anda untuk menarik perhatian users dengan judul dan meta description yang berkualitas serta mengajak.

 

Idealnya panjang meta description adalah sekitar 130 karakter. Ringkasan tersebutlah yang paling sering dibaca pengunjung terlebih dulu sebelum yakin mengklik website Anda. 

3. Lakukan Monitoring Konten

Tentunya Anda berharap mendapatkan organic CTR dalam satu kali percobaan, 'kan? Inilah kenapa diperlukan monitoring konten yang berguna untuk mengupdate konten yang mungkin sudah ketinggalan dari kompetitor.

 

Monitoring konten juga berguna untuk melihat apakah ada tautan yang rusak hingga gambar yang error. Jika konten-konten Anda sehat akan berpotensi meningkatkan jumlah CTR.

4. Menggunakan URL yang Deskriptif

Meski sudah banyak diketahui oleh blogger, ternyata menggunakan URL yang deskriptif menjadi rahasia tingkatkan CTR selanjutnya yang harus Anda lakukan. Anda perlu membuat URL yang mudah dibaca untuk membantu meningkatkan CTR organik. 

 

Jangan lupa masukan keyword atau kata kunci konten pada URL tersebut. Namun pastikan Anda memasukkan secara alami agar tidak terkesan dipaksakan.

5. Menggunakan Format Listicle

Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa CTR rendah? Salah satu alasannya bisa jadi karena Anda tidak menggunakan format listicle. Percaya atau tidak, jenis format ini lebih disukai audiens karena mudah dibaca. Sebaiknya Anda memanfaatkannya dengan membuat konten dalam format listicle untuk meningkatkan CTR.

 

Tambahkan angka di judul dan tag judul juga karena akan menjelaskan kepada users bahwa konten tersebut berbentuk listing yang enak untuk dibaca dan dipahami.

6. Manfaatkan Structured Markup

Structured markup atau schema markup adalah sebuah kode yang bisa Anda tambahkan di konten dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian. Kode structured markup akan menampilkan rating, bintang review, waktu acara, hingga harga produk.

 

Untuk menambahkan structured markup ini biasanya menggunakan plugin seperti WP Product Review, Schema Pro, WP Review, dan All In One Schema Rich Snippet.

 

Sebenarnya salah satu cara terbaik dan alami untuk mendapatkan CTR yang bagus yaitu dengan memahami konsep SEO secara menyeluruh. Dan kini Anda dapat menggunakan RAJASEO.com yang menyediakan layanan konsultan serta pelatihan SEO. RAJASEO.com siap membantu website Anda berada di ranking pertama dengan CTR yang tinggi pula.

 

Dengan menggunakan teknik SEO yang adaptif, RAJASEO.com dijamin membantu halaman blog Anda menjadi lebih profitable khususnya bagi website bisnis. Untuk merasakan layanan konsultasi tersebut, ayo segera hubungi RAJASEO.com sebagai ahlinya dan manfaatkan rahasia tingkatkan CTR di atas.

 

Baca Juga

© 2024 RajaSEO.com

- Kebijakan Privasi